Selasa, 27 Desember 2011

Wisata Murah Meriah ke Thailand - Pendahuluan


Saya mau berbagi informasi pada waktu kami (saya, suami dan ketiga anak kami) pergi ke Thailand Juni 2011 lalu.

Namanya Wisata murmer, yang pertama harus dicari adalah tiket murah. Pilihan jatuh ke Air Asia yang baru saja membuka jalur Surabaya-Bangkok. Kami memesan pada saat ada pameran Air Asia di Supermal Surabaya dengan diskon 20%. Per orang + 1 Juta rupiah PP. Cukup murah karena free bagasi (bayar pakai promo kartu kredit) dan perginya pada saat High Season (liburan sekolah).

Setelah urusan tiket beres, langkah selanjutnya menyusun Catatan Perjalanan serta hotel. Kami berencana untuk ke Bangkok 4 malam dan ke Pattaya 2 malam. Hotel yang dituju Hotel bintang 3 tapi ingin juga menginap di Baiyoke Sky Hotel yaitu Hotel tertinggi di Bangkok berbintang 4.

Tips mencari hotel :
·         Cari Hotel yang lagi promo 2 bulan sebelum berangkat. Ada beberapa web yang menjual Voucher Hotel secara online seperti : www.agoda.web.id, www.airasiago.com, www.asiatravel.com. Bandingkan harganya karena Promo bisa sampai discount 40% seperti yang kami dapatkan pada waktu booking Baiyoke Sky Hotel
·         Lihat Review Hotel yang akan ditinggali lewat internet dengan keyword Review Hotel tersebut.

Kami memesan Hotel Ecotel Pratunam Bangkok untuk 3 malam dengan harga Rp 323.000,-/malam + Breakfast di website AirasiaGo. Dan 1 malam di Baiyoke Sky Hotel seharga Rp 650.000,-/malam tanpa Breakfast di situs agoda. Untuk di Pattaya kami memesan Citin Loft Pattaya seharga Rp 750.000,-/malam + Breakfast untuk family room (2 kamar tidur).

Untuk urusan transportasi, selama di Bangkok kami menggunakan taxi, Sky Train, dan keliling naik Tourist Boat.

Untuk menuju ke Pattaya ada beberapa pilihan :
1.       Menggunakan bis umum
2.       Menggunakan travel Bell Travel Service
3.       Menggunakan jasa carter mobil

Mengingat waktu yang terbatas, kami tidak mau membuang waktu di perjalanan. Maka kami memutuskan untuk menggunakan jasa privat carter mobil dengan harga 3200 baath. Setelah googling di internet, kami menemukan Mr. SAM dari CURRENT PRIVATE TOUR & SERVICE. Dari review di internet Mr. SAM bisa dipercaya.




Persiapan berikutnya adalah mencari informasi tempat wisata di Bangkok dan Pattaya. Website yang sangat informatif dapat dilihat di www.wisatathailand.com , websitenya berbahasa Indonesia dan sangat lengkap. Di web ini kita dapat mencari info mengenai tempat belanja dan hiburan, jam operasionalnya, dan ada peta BTS dan MRT. Pokoknya lengkap deh.


Contoh kalau mau ke Vimanmek ada informasi seperti ini :
Vimanmek Mansion (www.vimanmek.com)
Inilah bangunan dari kayu jati terbesar di dunia, berlokasi di Ratchawithi Road. Dibangun oleh Raja Chulalongkorn (Rama V) di tahun 1901, istana bergaya Eropa ini memiliki andil dalam menghalau penjajahan bangsa Eropa. Di sini pula disimpan koleksi kerajaan dari abad 19 dan 20, serta karya kerajinan terbaik dari yayasan SUPPORT Ratu Sirikit.
Pertunjukan tari klasik Thailand akan tampil setiap pk. 10.30 dan 14.00.
Lokasi: 139/2 Ratchawithi Rd, Dusit. Jam buka: 9.30 - 15.00. Harap berpakaian yang sopan.

Oh ya, karena di Bangkok nggak semua orang mengerti bahasa Inggris, kita bisa googling tempat yang akan dikunjungi dan mencari Nama tempat dan Alamatnya dalam bahasa Thai, setelah itu diprint di kertas. Hal ini berguna kalau kami tidak tahu arah atau mau naik taxi. Tinggal tunjukkan kertas tersebut.
Seperti ini :



Kemudian, tinggal nunggu berangkatnya aja…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar