Senin, 02 Januari 2012

Wisata Murah Meriah ke Thailand Day 4 (Bangkok)

Hari Keempat di Bangkok, tidak seperti hari ketiga yang hanya mengunjungi 2 tempat, kali ini kami ke 3 tempat dalam 1 kompleks, juga pindah ke Hotel Baiyoke Sky

Rencana : Ananta Samakhom Throne Hall, Abhisek Dusit Throne Hall, Vimanmek, Pindah ke Hotel Baiyoke Sky.

Pagi-pagi kami telpon Mr. Samai ( No telpnya 0890114119) agar dijemput jam 9. Naik taxinya Mr. Samai jauh dekat dalam kota kami beri 100 bath sekali jalan (nggak pusing tawar menawar dan ditipu orang).  Tujuan hari ini ke Ananta Samakhom Throne Hall. Tiket masuk menggunakan tiket masuk Grand Palace. Karena di Grand Palace hanya beli tiket 4 orang maka kami beli 1 tiket lagi seharga 75 bath. Ternyata di sana Cewek tidak boleh pakai celana panjang jadi harus beli sarung untuk dipakai. Harga kain per piece 40 bath. Bagus, warna-warni lagi. 

Di dalam Hall semua barang harus dititipkan, jadi tidak bisa foto-foto.
Berfoto di depan Throne Hall

Ananta Samakhom Throne Hall merupakan hasil karya bergaya Neo-klasik, dibangun atas perintah dari Raja Rama V,. Di tengah-tengah pembangunannya, Raja Rama V meninggal. Akhirnya pembangunan istana ini diteruskan oleh Raja Rama VI. Istana yang berlokasi di Dusit ini, memakan waktu penyelesaian 8 tahun. Ketinggiannya mencapai 50 meter dan menghabiskan dana pembangunan sedikitnya 15 juta baht.
Bangunannya benar-benar megah dengan arsitektur yang menawan. Di dalam Hall kami diberi head phone yang berfungsi sebagai guide, tinggal pilih bahasa yang akan dipakai. Di tiap barang kerajaan yang dipamerkan ada semacam kode, jika kode itu kita masukkan dalam pin headphone kita maka headphone itu akan bercerita mengenai sejarah barang tersebut. Barang yang dipamerkan adalah tandu raja, meja makan kerajaan, repro kapal kerajaan dan lain-lain.  Setelah puas berkeliling di dalam hall, di bagian akhir dari hall ada pameran lukisan dan dijual juga. Mereka juga menjual tanda mata lainnya seperti patung, barang-barang seni, tempelan kulkas, gantungan kunci, gelang dan lain-lain khas Thailand. Kami membeli repro foto dari Hall tersebut karena didalam hall tidak bisa foto.

Selanjutnya kami ke Abhisek Dusit Throne Hall yang berada disebelah bangunan Ananta S. Hall. Di dalam juga dipamerkan barang-barang kerajaan cuma koleksinya lebih lawas (sekitar tahun 90-an). Dan tidak boleh difoto.

Berikutnya kami ke Vimanmek, yaitu tempat tinggal raja yang terbuat dari kayu
Masuk ke dalam Vimanmek Mansion, kita tidak diperbolehkan membawa kamera, bahkan handphone. Semua peralatan elektronik harus di titipkan di loker sebelum memasuki Mansion. Masuk ke dalam juga harus melepaskan sepatu dulu. Setelah terkumpul pengunjungnya, kita akan diantar keliling oleh seorang tour guide yang berbahasa inggris. Baru setelah tour nya selesai kita boleh foto-foto tapi cuman boleh di luarnya saja.

Tour guide menjelaskan satu persatu ruangannya, kayak ruang tidur, dressing room, kamar mandi, dll. Sekarang tempat ini dijadikan museum yang menyimpan semua benda-benda King Rama V. Dari mulai peralatan makan yang ada 7 motif untuk digunakan secara berbeda setiap harinya selama seminggu, pajang-pajangan hadiah dari negara lain, hingga Grand Piano milik King Rama V.

Setelah foto-foto diluar Vimanmek,  kami makan di kantin di dalam kompleks. Sambil menunggu taxi Mr. Samai yang masih mengantar penumpang ke Bandara.

Next stop, Baiyoke Sky Hotel. Dari Vimanmek, ke Ecotel, check out, kemudian ke Baiyoke check in. Kami mendapat kamar di lantai 24. Setelah itu, kami menikmati fasilitas hotel tertinggi di Bangkok ini. Mulai dari Observation Deck di lantai 77, di sini kami bisa melihat Bangkok dari ketinggian. Terus ke lantai 84, ke Revolving Deck yang lantainya bisa muter sehingga bisa melihat pemandangan dari titik tertinggi di Bangkok. Pokoknya nggak rugi nginep disini. Kalau nggak nginep disini, turis bisa masuk ke Observation Deck dengan membayar 300 bath free minuman dan snack di Roof Top Bar and Music at 83 th floor. Pilihan lain International Buffet Dinner di Lantai 76 sambil melihat suasana Bangkok dengan harga 590 bath/orang.
di Roof Top Bar Baiyoke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar