Kamis, 09 Februari 2012

Liburan Singkat ke Singapura-Kuala Lumpur Day 2


Pada hari kedua ini ada kejadian yang tidak mengenakkan.
Kami sudah berangkat jam 4.30 pagi dari KL Sentral, dan sampai di bandara LCCT jam 05.45. Karena pesawat kami masih jam 7.45 maka kami sarapan dulu di Dairy Queen, kemudian Chek In.

Ketika pemeriksaan Imigrasi ternyata antrian mengular sekitar 500 orang di Ruang Imigrasi dengan counter hanya sekitar 10 tempat, akhinya kami mengantri sampai sekitar 1 jam disana.  Dari Mikrofon Bandara kami mendengar nama kami dipanggil untuk segera masuk pesawat, setelah berlarian dan sampai di Gatenya ternyata kami diberitahu bahwa pesawat sudah siap Take Off, waktu sudah menunjukkan jam 07.40. Lemas deh. Bayangan kami : Wah, tiket hangus nih.
Kami menghubungi Petugas Air Asia di Gate tersebut, dan akhirnya ditawarkan solusi untuk membayar denda sebesar 100 MYR per orang. Dengan pasrah akhirnya kami bayar denda tersebut, dan tanpa menunggu terlalu lama pukul 9.00 kami berangkat ke Singapura dengan pesawat berikutnya (tiap jam ada penerbangan Singapura – KL). Di pesawat kami diberi tempat duduk paling depan yang biasanya untuk penumpang yang membeli tiket HOT SEAT. Jadinya kami tersenyum kecut dan mengatakan ini benar-benar HOT SEAT.Ha.. haa. Ha..

Salut kami sampaikan untuk Air Asia karena penerbangan mereka selalu berangkat on time dan tidak menunggu penumpang yang ketinggalan. Sementara di indonesia, seringkali penerbangan tertunda keberangkatannya karena menunggu penumpang yang masih tertinggal.

Tips kami : Di bandara seperti di LCCT Kuala Lumpur atau di  Suvarbhumi Bangkok, karena sering dipakai untuk transit ke pelbagai tujuan penerbangan Luar Negeri , kita harus menyediakan waktu 2 ,5 jam dari proses chek in, pemeriksaan imigrasi dan  jalan ke gate keberangkatan. Apalagi kalau pagi hari Bandara sangat-sangat  ramai.

Sesampai di Changi Internasional Singapura, kami mencari Public Taxi menuju ke Penginapan kami di Jalan Ladah Puteh. Biaya Taxi Sin 15. Setelah meletakkan koper, kami menuju Orchard Road dengan berjalan kaki. Enaknya tinggal di Penginapan ini adalah kalau mau ke Lucky Plaza, Takasimaya, dan Tang Palace dekat,  cukup jalan kaki saja. MRT terdekat Orchard Station.

Sempat bingung, mau mencari Bus untuk keliling Singapura. Bus Hop On dan Off cukup mahal untuk kami berempat Sin $ 23/hari/orang. Setelah diberitahu oleh penduduk Lokal kami memutuskan untuk ke Esplanade naik bus no 111 dari Orchard Road dengan biaya Sin 1 per orang.

Esplanade adalah Mall sekaligus Gedung Seni yang sering dipakai untuk pertunjukan Kesenian.  Bangunannya menyerupai durian. Kami menuju ke belakang gedung, di sini kami bisa melihat Singapore River, Gedung Marina Bays dan Merlion Park. Untuk menuju Merlion kita bisa berjalan menyusuri jalan di belakang  Esplanade ini.




Ada petugas yang menyarankan agak malam kesana karena di dekat Merlion ada banyak penjual makanan  agak murah menghadap ke river seperti sate dan lain-lain. Dan kalau malam esplanade bagus difoto (bangunan seperti durian itu bersinar malam hari). Tapi karena kami datang siang hari, terlalu lama nunggu malam. Setelah puas berfoto-foto, kami kembali ke Orchard Road  naik bus no 36, turunnya  persis depan Tang Palace.

Makan Siang kami di Lucky Plaza, di lantai bawah ada Asian Food Court. Biaya antara Sin 3.5 – Sin 6.
Di Lucky Plaza juga ada Fast Food seperti Mc. Donald atau restoran Indonesia Ayam Penyet Ria dan lain-lain . Yang mahal di Singapura adalam Air Minum Mineralnya 1 botol ukuran 600ml harganya Sin 2.

Malamnya kami ke Takasimaya, disana kita bisa beli dendeng dan abon terkenal BEE CHE HIANG atau makanan khas lainnya untuk oleh2 . Makan malamnya di Food Court lantai bawah, dekat Supermarket.

Tips : Bus Hop On Hop Off hanya cocok untuk mereka yang berangkat sendirian atau berdua dan punya waktu cukup banyak (waktu tunggu bus sekitar 30 menit). Kalau rame-rame mending naik taxi, bus atau MRT.
Beli kue, atau roti taruh diransel karena kalau sedang jalan2 bisa kelewat waktu makan. Jangan lupa bawa air minum.
Karena di Penginapan disediakan air isi ulang, maka sebelum jalan-jalan,  isi botol air mineral dengan air isi ulang. Lumayan ngirit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar