Rabu, 24 Oktober 2012

Macau-Hongkong Day 8, From KL Back to Surabaya

Kamis , 5 Juli 2012

Pagi ini kami Breakfast di di Old Town White Coffee di sebelah hotel. Menunya cukup bervariasi. Kami juga membeli beberapa kotak kopi untuk oleh-oleh.

Acara dilanjutkan dengan naik Monorail ke Bukit Bintang. Di Bukit Bintang kami berjalan-jalan di Sungei Wang Mall, beli beberapa kaos. Kemudian berjalan ke Alor Street untuk makan siang disana.
Alor Street adalah Street Food yang menjual makanan khas Malaysia, Chinese Food, dan lain-lain.

Untuk kembali ke Hotel kita menggunakan Monorail lagi.

Karena pesawat kami masih jam 10 malam, maka kami makan malam dulu. Selesai makan malam hujan mulai turun, bergegas kami mengambil koper kami dan berjalan kaki menuju ke Station KL Sentral. Jalan menuju KL Sentral tidak nyaman karena ada proyek pembangunan Mall maka banyak material bangunan dan debu dimana2. 2 Koper besar kita jadi korbannya , rodanya rusak karena melewati jalan yang penuh batu dan kerikil.

Dari KL Sentral, kami naik Bus ke LCCT Airport. Akhirnya AirAsia membawa kita kembali ke Surabaya.

Jika perginya bulan Juni- September (Summer) jangan lupa bawa payung, topi, sunblock dan air mineral karena hawanya panas sekali dan hujan tiba-tiba turun serta dibarengi dengan badai.

Taxi di Macau dan Hongkong ada tulisan di bodinya untuk 4 seat atau 5 seat, biasanya di bandara banyak taxi yang 5 seater tapi di jalan banyak yang 4 seater. Alternatif : naik bus saja dan tanya rute ke petugas hotel saja karena penduduk lokal banyak yang tidak bisa Bahasa Inggris.

Bawa cadangan kartu lainnya, Kartu XL kami, baru dapat digunakan di Macau pada hari ke tiga kami disana jadi mubazir karena kami akan menuju ke Hongkong, padahal di Kuala Lumpur, Singapura, dan Hongkong tidak ada masalah, nunggu 5 menit langsung konek ke operator setempat yang ditunjuk XL.

Makan Chinese Food baik di Hongkong maupun Macau tidak perlu pesan minum, biasanya dapat free teh.

Hotel di Macau hari Senin-Kamis paling murah. Jumat agak mahal. Sabtu-Minggu 2x lipatnya. Karena banyak turis yang datang hari Jumat malam untuk menghabiskan waktu berjudi sampai dengan hari Minggu.

Untuk tiket Ferry hari Sabtu-Minggu juga lebih mahal.

Beli tiket Ocean Park dan Disneyland lebih murah di Golden Crown dan tidak pakai antri.

Dengan petunjuk rute yang disarankan di webnya http://www.goldencrownhk.com/, maka kita tidak kuatir untuk jalan-jalan di Hongkong, karena Hongkong kota yang teratur dan transportnya mudah sekali seperti di Singapura.

Kalau bawa anak-anak dan kemana-mana lebih banyak jalan kaki, jangan terlalu padat jadwalnya karena mereka bisa kecapekan dan rewel.

Kalau bawa anak-anak jika tidak ada fasilitas Breakfast di Hotel lebih baik dibelikan makanan dan makan di Hotel karena bisa menghemat waktu dan istirahat mereka lebih lama

Print tempat tujuan dalam bahasa Mandarin, karena tidak semua Supir taxi  mengerti nama jalan dalam bahasa Inggris.