Sabtu, 09 November 2013

Jalan Jalan ke Makassar Day 4, Menjelajahi Pantai, Balla Lompoa dan Bird Park

Jumat, 12 Juli 2013

Jadwal Hari ini : Pantai Galesong Utara, Balla Lompoa, Taman Miniatur, Bird Park, Pantai Losari

Hari ini rencananya Wisata Pantai. Pagi-pagi Anak-anak dan Ketua Rombongan diajak ke Wisata Pantai di Pantai Galesong Utara. Sisa pasukan masih tertinggal di Hotel karena mobilnya cuma ada 1. Sambil menunggu rental mobil yang satu lagi,  kami membeli Bakpao dan Siomay di Jalan Ranggong Dekat hotel untuk bekal. Siomaynya Recomended enak sekali.

Setelah Rombongan I sampai di Wisata Pantai, mereka laporan kalau Wisata Pantainya tidak memuaskan, tidak ada pesisir pantai dan hanya ada permainan Outbond untuk anak-anak dan kolam renang anak. Tiket Masuk Wisata Pantai Galesong Utara adalah Rp 30.000/ org dan untuk permainan harus bayar lagi. Akhirnya kami memutuskan Rombongan kedua ganti tujuan.

pantai galesong utara
Pantai Galesong Utrara

Pantainya tidak bisa seberapa dinikmati, karena sangat dekat dengan jalan yang sudah dipaving. Garis pantai mungkin hanya sekitar 1 meter-an. Akhirnya anak-anak pun main di tempat outbound. Ada jembatan tali dan tempat panjat-panjatan. Juga bisa sewa ATV
Si kecil naik ATV, kolam renang,
jembatan tali dan mainan panjat2an
Setelah mobil ke dua datang, kami menuju ke Balla Lompoa Gowa. Perjalanan ke Gowa  sekitar 1 jam dari Makasar.
Balla Lompoa
(image credit : google)
Tempat Bersejarah ISTANA Kerajaan Gowa Makassar yang Berkedudukan Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan sekarang telah Menjadi Museum peninggalan Kerajaan Makassar GOWA Sulawesi Selatan ( Disampingnya Dibangun Duplikat Istana Tamalate merujuk pada ukuran aslinya di zaman lampau )

Kompleks Kerajaan Gowa ini tepat berada di pusat Ibu Kota Kabupaten Gowa, Sungguminasa, Bangunan itu berbentuk rumah panggung. Warnanya coklat tua, seluruhnya terbuat dari kayu ulin atau kayu besi. Tampak jelas usia bangunan ini tak lagi muda. Luas komplek adalah 1 hektare dan dikelilingi tembok tinggi.

Balla Lompoa adalah istana asli Kerajaan Gowa. Balla Lompoa dalam bahasa Makassar rumah besar atau rumah kebesaran. Fungsi Balla Lompoa adalah museum yang menyimpan simbol-simbol kerajaan, seperti mahkota, senjata, payung raja, pakaian, bendera kebesaran, serta barang-barang lainnya termasuk sejumlah naskah dari  lontar. (diambil dari Wikipedia)

Sempat Sewa Baju adat Rp 30.000,- dan beli kain tenun.


Setelah puas keliling Balla Lompoa, kami menuju ke Taman Miniatur Sulawesi Selatan di Gowa. Sampai disana ternyata Taman Mininya tidak terawat dengan baik. Terlihat kumuh dan kotor. Rumput-rumput tumbuh liar dan tidak dipotong.

Seharusnya konsepnya baik, menampilkan 27 rumah tradisional yang mewakili arsitektur dan  budaya yang ada di Sulawesi Selatan yaitu Makassar, Bugis, Toraja, dan Mandar. Tetapi kenyataannya rumahnya banyak yang sudah reyot dan banyak jemuran baju di sekelilingnya. Wah menyedihkan sekali Wisata seperti ini tidak dikembangkan dengan baik, padahal di kompleks itu juga ada Kantor Pemerintahan yang  mengelola Taman tersebut. Keponakan saya yang ada di Jakarta bilang mending ke Taman Mini Indonesia Indah dong.

Sementara Rombongan Pertama selesai dari Wisata Pantai, mereka langsung menuju ke Taman Miniatur ini. Karena tidak ada yang menarik, Akhirnya kami menuju ke Water Park dan Bird Park yang dekat sekali dengan lokasi Taman Miniatur ini. Karena hari itu hari Jumat kami harus menunggu petugasnya selesai jumatan baru bisa masuk lokasi wisatanya. Sebagian rombongan memutuskan kembali ke Makassar karena Keluarga Adik dari Jakarta harus kembali ke Jakarta pada hari itu. Kami memutuskan main di Bird Parknya. Tiket Masuknya Rp 25.000,- /orang. Bird Parknya bagus, ada banyak jenis burung dan ada burung yang tidak di dalam kandang, untuk diberi makan atau berfoto.

Banyak jenis burung di bird park ini

Warna Warni

Dari Bird Park, kami kembali ke Makasar. Makan siang di Nyuk Nyang di Kios Irian jalan Lombok. Nyuk Nyang itu sama dengan bakwan kalau di Surabaya menurut saya. Kayaknya enakan Bakwan di Surabaya deh he ..he he

Setelah makan siang, anak-anak renang di Kolam Renang Hotel. Kolam Renangnya terletak di Lantai 15. Di kolam renang ada fasilitas Jacuzzi dan Sauna sehingga nyaman dan View kota Makasar terlihat dari pinggir kolam renang yang ditutup dengan kaca tebal.

Sorenya kami ke Pantai Losari, foto 2 sebentar. Di sana hanya ada lapangan saja dan nggak ada tepi pantai jadi nggak bisa jalan2 tepi pantai, yang ada kita bisa wisata naik kapal kecil keliling pantainya.
Makan Malam kami kali ini di Ayam Goreng di jl Sulawesi. Wah enak sekali. Selain ayam goreng juga ada sup jagung yang sama enaknya


Memang Makassar cocoknya untuk wisata kuliner deh. :)

1 komentar: