Kamis, 27 Maret 2014

Jalan Jalan ke Jogja Day 1, Ramayana Show

Hari Pertama - Taman Pintar, Pertunjukan Sendratari Ramayana, Homestay

Hari ini kami berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya jam 8.00 pagi.  Kami naik Kereta Agro  Wilis dengan tarif Rp 225.000,- Surabaya Gubeng ke Yogyakarta . Ternyata naik kereta api eksekutif menyenangkan selain waktunya yang tidak terlalu lama (sekitar 4 jam) dan tidak ada delay, anak-anak dapat jalan-jalan di kereta. Juga lebih santai sehingga tidak usah terburu-buru. Karena tidak seperti pesawat yang perlu check in dan titip bagasi, kami cukup datang setengah jam sebelum keberangkatan.

Sampai di Yogyakarta anak-anak dan papanya langsung menuju ke Taman Pintar untuk main disana. Sedang mama, bibi  dan nenek menuju ke tempat penginapan untuk meletakkan barang bawaan kami. Kami menginap di Homestay Casa Callisto yang kami temukan di webnya www.yogyes.com tempat informasi yang lengkap mengenai Yogya.

Homestay Casa Callisto cukup besar dengan 4 kamar tidur yang salah satu kamarnya disi dengan 4 single bed ditambah dengan 1 double bed tidur bawah sehingga semua anak bisa tidur di 1 kamar besar. Kamar lainnya diisi dengan double bed ditambah  kasur single  tambahan.Total muat 14 orang. Dengan harga Rp 1.400.000,- per hari ditambah breakfast untuk 14 orang, cukup murah untuk rombongan besar seperti kami.



Sambil menunggu rombongan adik kami dari Jakarta yang naik bus dari Jakarta menuju Muntilan dan meminjam mobil  kerabat di Muntilan, kami makan siang nasi gudeg di dekat penginapan.
Setelah rombongan dari Jakarta sampai di Yogya kami menuju ke Malioboro untuk berbelanja batik  di Toko Terang Bulan.

Ketika saya dan rombongan asyik berbelanja, anak-anak sudah asyik bermain dan belajar di Taman Pintar. Taman pintar sendiri terdiri dari 3 gedung, Gedung Oval, Gedung Kotak dan Planetarium, serta ada Gedung PAUD. Gedung Oval itu seperti museum yang isinya sejarah-sejarah Indonesia, bagaimana NKRI terbentuk, foto-foto presiden dari pertama sampai terakhir, dsb. Juga ada sejarah Jogja beserta nama dan foto Sultan-Sultan Jogja. Sementara di Gedung Kotak, anak-anak bisa belajar tentang sains dan penerapannya. Planetariumnya berisi kursi-kursi seperti di bioskop, kemudian diputarkan 2 film tentang astronomi.

Ini dia foto mereka di Taman Pintar :



Jam 6 sore kami bergabung dengan Rombongan anak-anak yang dari Taman Pintar di Rumah Makan Chinese Food yang terletak di Jl.  Brigjen Katamso tidak jauh dari Taman Pintar

Jadwal berikutnya kami ke Purawisata untuk melihat pertunjukan Sendratari Ramayana di Jl.Brigjen Katamso yang dimulai pukul 8.00 malam. Karena dekat, Anak-anak naik Andong ke Purawisata.



Seharusnya pertunjukannya open stage, tetapi karena hujan turun pertunjukan dipindah ke gedung. Saya melihat banyak turis asing yang melihat pertunjukan ini, baik orang bule, jepang, maupun India. Turis Indonesia juga lumayan sih, tapi masih didominasi turis asing. Sendratari Ramayana ini berkisah tentang Rama dan Sinta dan juga si jahat Rahwana. Selama pertunjukan, suara sinden dan gamelan membuat pertunjukan ini hidup, walaupun tanpa dialog. Orang-orang yang memerankan menari sesuai dengan irama lagu. Pertunjukan ini berlangsung selama 1,5 jam. Untuk info lengkapnya ada di website ini

Sendratari Ramayana
Selesai pertunjukan kami kembali ke Homestay dan istirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar