Selasa, 08 Desember 2015

Jalan Jalan ke China Day 5 : Makan Enak di Danau XiHu

Hari ini kami bangun agak siang, beli air mineral dan pop mie di minimarket sebelah apartemen untuk sarapan. Mengurus cucian di Laundry karena banyak baju yang basah dan lembab dampak sering kehujanan. Setelah semua beres, kami mencari bus untuk menuju ke Danau Xihu. Sempat nunggu agak lama di tempat perhentian bus karena sopirnya lagi makan. Akhirnya bus jalan juga.

Di bus kami bertemu dengan seorang Ibu yang sedang mengajak adiknya jalan-jalan ke Danau Xihu juga. Jadi kami bisa turun bersama mereka supaya tidak kesasar. Sesampai di tujuan, mereka menunjukkan tempat masuk danaunya. Mereka tidak masuk danau karena mau makan siang dulu. Adiknya merekomendasi restoran itu karena makanannya yang enak dan menyebutkan beberapa menu favorit restoran tersebut. Akhirnya kami ikut mereka makan siang di restoran tersebut. Ini di Restorannya.

Namanya Weizhuang Restaurant, tempatnya persis di depan Danau Xihu (websitenya:  www.zwgweizhuang.com). Ternyata setelah saya search di internet, restoran ini terkenal di Hangzhou. Wah tidak rugi ketemu orang lokal, sehingga tahu makanan favorit mereka. Enak enak pula.

makanan enak yang direkomendasikan orang lokal
Setelah makan enak, kami masuk ke danaunya. Tempatnya sangat luas dan teduh. Banyak pedagang yang menjual souvenir khas China. Dan juga ada fasilitas pemotretan dengan memakai baju tradisional China.

Puas menikmati pemandangan, sampailah kami di tepi danau. Di sana kami beli tiket untuk naik perahu mengelilingi danau Xihu. Perahu turun di tempat yang berbeda dari tempat kami naik tadi. Ternyata kami turun di tepi lain Danau Xihu. Jadi kami bisa jalan-jalan di sisi yang berbeda dengan tempat semula.

Naik kapal sepanjang danau Xihu
Setelah puas kami berjalan keluar lokasi untuk mencari Bus menuju ke Musical Fountain. Karena sudah sore, Bus penuh dengan penumpang. Maka kami mencoba naik mobil carter yang banyak ditawarkan di pinggir jalan. Setelah nego biaya (CNY 70) kamipun diantar ke tempat Musical Fountain. Supir menjelaskan bahwa pertunjukan biasanya jam 7 malam. Karena waktu masih menunjukkan jam 6 sore kami masuk ke salah satu restoran Jepang untuk makan malam disana. Jadi selain jalan-jalan, kami hari ini juga wisata kuliner.

Makan malam
Kemudian jam 7 tepat kami keluar ke tepi danau. Tapi kok sepi-sepi saja. Ternyata kami baru tahu, bahwa pertunjukannya bukan di tepi danau ini. Melainkan masih agak jauh dari tempat kami berdiri. Akhirnya kami melihat pertunjukannya dari tempat yang agak jauh dan tidak kedengaran musiknya. He.. he..he..

Kemudian kami kembali ke Hotel dengan bus. Sempat salah turun dan jalan cukup jauh. Tapi tidak apa2 karena kami dapat melihat-lihat suasana malam di Hangzhou. Meskipun daerahnya cukup sepi tapi aman.

Di Hotel, kami berencana membeli tiket Bus online untuk besok ke Huangshan. Tetapi agak susah bookingnya karena harus dengan huruf Mandarin. Akhirnya kami membatalkan beli online. Pikir kami, besok saja langsung pesan di stasiun busnya.