Rabu, 09 Desember 2015

Jalan Jalan ke China Day 6 : Pengalaman Naik Bus dari Hang Zhou ke HuangShan

Hari ini kami santai di Apartemen karena rencana mau ke Stasiun bus jam 12 siang. Dua saudara saya berjalan ke sebuah mall dekat apartemen karena ada Sale H&M Department Store. Saya dan yang lain bersantai di apartemen sambil menonton TV. Jam 12 tepat kami menuju Stasiun dengan taxi.

Ternyata karena musim liburan susah cari bus .Setiap jam mestinya ada bus ke Tangkou, kota kecil di kaki Gunung Huangshan, tetapi tiket bus sudah habis terjual. Akhirnya kami mendapat tiket bus jam 5 sore dengan harga CNY 100 per orang . Wah .. nunggu hampir 5 jam deh.
Stasiun Busnya dipenuhi orang yang mudik karena Cing Bing. Cari tempat duduk juga agak susah karena penuh.

Stasiun yang penuh sesak
menunggu
Pasrah, akhirnya kami ke Mc. Donalds untuk membeli makan siang dan mencari tempat duduk.
Setelah makan, waktu kami manfaatkan untuk jalan-jalan sekitar stasiun, membeli oleh2 makanan dan pernik2 lainnya tapi harganya ternyata lebih mahal.

Mama sempat berbincang dengan salah satu pemudik. Dia menanyakan kami dari mana? Kemudian Mama menjelaskan bahwa kami dari Indonesia. Mereka bilang bahasa mandarin Mama bagus sekali. Mama bilang karena dulu di Indonesia ada sekolah mandarin.  Kemudian dia menjelaskan bahwa hari Libur Cing Bing biasanya digunakan untuk pulang ke kampung halaman atau untuk berwisata sehingga semua stasiun bus dipenuhi orang. Dia berbaik hati menelpon ke Villa di Huangshan yang kami pesan, dan meminta petugas Villa untuk menjemput kami jam 9 malam. Tetapi Petugas meminta kami menelpon dia sesampai di Tangkou.

Akhirnya bus berangkat jam  setengah 6 sore. Busnya bagus bertingkat 2 dan masih baru, sehingga cukup nyaman. Perjalanan bus dari Hangzhou - Tangkou memakan waktu 4 jam. Sampai di Tangkou jam 9.30 malam.
Di tingkat 2 dari bus
Sesampai di Tangkou kami meminta petugas Bus untuk menelpon ke Villa. Sambil menunggu dijemput petugas penginapan, kami ke toko di Stasiun yang banyak menjual perlengkapan naik gunung. Kami membeli tongkat yang besok akan dipakai untuk naik gunung.

Ketika Petugas Penginapan datang, kami berkenalan, namanya Mr Shawn. Bahasa Inggrisnya bagus sekali. Ternyata mobilnya tidak cukup untuk kami berenam. Jadinya mobil harus balik lagi dan mengantar rombongan berikutnya.
 
Villa yang kami tempati di HuangShan
Setelah sampai di Villa, Mr. Shawn menunjukkan kamar yang bisa kami tempati. Kemudian mengambil peta, menjelaskan rute yang bisa kami tempuh untuk keesokan harinya serta menawarkan jasa tandu jika Mama membutuhkan. Mr. Shawn akan mengantar kami besok pagi2 jam 5 pagi ke stasiun Bus. Akhirnya baru bisa tidur jam 12 malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar