Selasa, 15 Desember 2015

Jalan Jalan ke China Day 9 : Yuyuan Garden dan the Bund di Shanghai

Itinerary day 9 : Shanghai Yuyuan Garden, Chenghuang Miao (City God Temple), The Bund

Hari ini kami naik MRT menuju Yuyuan Garden. Pada waktu berangkat saya membayangkan akan ke taman yang luas yang banyak bunga dan pepohonan. Ternyata salah dugaan, Yuyuan Garden yang dulunya taman telah berubah menjadi pertokoan dengan arsitektur China.

Yuyuan Garden

Yuyuan Garden

Di area Yuyuan Garden terdapat toko makanan (Pia, Kue-kue khas China, Ice Cream Hagendazz, dan brand international juga ada), toko souvenir, sutra, lukisan khas China dan lain-lain.
Pokoknya tidak bosan kalau ke Yuyuan Garden karena kita bisa memborong souvenir dan lukisan khas China dengan mutu yang bagus.




Saat kami berjalan-jalan, ada 1 toko yang rame sekali dan banyak orang yang lagi ngantre. Adik saya ikutan dalam antrean karena penasaran. Ternyata antrean orang yang mau membeli Xiao Long Pao. Nama restorannya Nan Xiang Xiaolong Mantou (南翔小笼馒头). Ternyata restoran ini sangat populer dan sudah berumur 113 tahun. Lantai bawah restoran khusus untuk Take Away . Di Lantai 2 untuk mereka yang makan disana. Di lantai 3 untuk makanan yang lebih eksklusif. Kami membeli Xiao Long Bao dan Hot soup bun.

Xiao Long Baonya dikemas dalam kotak gabus, enak sekali rasanya. Hot Soup Bunnya disajikan dalam mangkok plastik kecil dan dilengkapi dengan sedotan dan sendok kecil. Cara makannya disedot karena di dalamnya ada semacam kuah. Rasanya sih menurut saya agak aneh,masih lebih enak Xiao Long Baonya.

Ini dia penampakan Hot Soup Bunnya


Setelah makan Xiao Long Bao, kami lanjutkan ke toko-toko yang lain. Banyak toko makanan yang menyediakan tester untuk calon pembelinya. Jadinya kami mencoba satu demi satu tester makanan dan membeli beberapa makanan. Wah enak dan unik makanannya. Jadi ingin mencoba semuanya. He..he..he..


Selain toko makanan, ada juga toko souvenir dan lukisan. Lukisannya bagus-bagus. Setelah puas ke toko, masih dalam kompleks yang sama kami menuju ke  Chenghuang Miao (City God Temple). Modelnya sama seperti klenteng di Surabaya, tempat untuk bersembahyang.





Destinasi berikutnya adalah The Bund. The Bund adalah kawasan sekitar Sungai Huangpu. Di sepanjang jalan, kita bisa melihat bangunan tua dan bernilai sejarah dirawat dengan baik dan masih dipakai untuk Bank dan Kantor lainnya. Senangnya jalan kaki di Shanghai adalah jalannya yang lebar dan banyak penghijauan sehingga nyaman. 





Banyak gedung-gedung lama
dengan arsitektur menarik di sepanjang perjalanan ke The Bund 


Swalayan yang ada di salah satu MRT

Gedung tinggi di kawasan the Bund


Berfoto di the Bund
Karena angin cukup kencang ketika  kami sampai di The Bund, hanya sebentar foto-foto lalu kami lanjutkan dengan makan malam disekitar lokasi.

Acara berikutnya kembali naik MRT menuju ke Hotel. Karena hari ini hari terakhir kami di Shanghai, kami harus packing barang barang kami.  Kemudian jam 10 malam dibantu oleh Resepsionis Hotel kami booking 2 unit taxi untuk menuju ke Bandara. 

Bye Bye Shanghai. Suatu saat kami akan kembali lagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar